Sunday, July 27, 2008

Madura dan Sarung


Adakah korelasi keduanya? Secara langsung mungkin tidak. Madura bukanlah daerah penghasil sarung. Jangankan sarung, membuat taplak meja aja belum tentu bisa ^_^

Tapi kalau dilihat dari sisi pemakai, Madura boleh diadu. Mayoritas penduduknya sarung mania. Tiap orang pasti punya lebih dari satu sarung. Mulai jenis sarung termurah sampai termahal. Pangsa sarung di Madura pun sangat prospektif dan variatif.

Sarung bukan hanya digunakan untuk shalat. Duduk – duduk di rumah, dijalan, bertamu ke tetangga, hampir di semua aktifitas yang dilakukan, orang Madura selalu memakai sarung.

Bahkan yang lebih ekstrim, menurut tetangga saya yang seorang pengawas Madrasah Ibtidaiyah, menghadiri rapat dinas yang resmi pun orang Madura tetap memakai sarung. Menurut mereka sarung merupakan cerminan budaya Islam. Hahaha….

Tapi maaf, kali ini saya bukan mau membahas peluang usaha sarung di Madura atau pun juga tentang rencana terjun ke dunia persarungan. Saya hanya akan membicarakan kebiasaan!

Di Madura, khususnya daerah pedesaan seperti wilayah yang saya tinggali sekarang ini, memakai sarung merupakan kebiasaan yang selalu dipakai. Kemana – mana masyarakatnya lebih nyaman menggunakan sarung dari pada memakai Levi’s atau pun sejenisnya.

Karena kebiasaan masyarakat inilah, saya yang sudah tinggal di sini kurang lebih 5 bulan ikut terseret arus sarungisasi. Hampir tiap habis shalat maghrib sarung selalu membungkus bagian bawah tubuh saya. Dan sarung itu terus saya pakai sampai subuh tiba. Dengan kata lain tidur pun saya masih setia dengan sarung.

Suatu kebiasaan yang tidak pernah saya lakukan saat masih tinggal di Surabaya. Memang kadangkala kita harus menyesuaikan diri dengan kebudayaan setempat. Selain ikut menghormati budaya itu kita juga bisa terlihat lebih Islami ^-^


2 komentar:

Anonymous said...

Lak sarungan iki enak rek. Makane wong meduro yo subur-subur. Lah rahasiane terbongkar... hehehe

Anonymous said...

yo ga popo mik sarungan ae terus ..lumayan kan,irit!!! sarung kan luwih murah dari jeans hehe...
sarung juga praktis ga sumuk??!!