Tuesday, May 02, 2006

Susahnya jadi orang malas!

120406

Lima bulan lebih skripsi yg aku kerjakan mangkrak nggak tau juntrungannya. Padahal, saat pertamakali mutusin buat “go a head” September 2005, semangat dikepala sangat membara. Pokoknya, skripsi ini harus udah kelar paling lambat awal Juni 2006, buat ngejar wisuda.

Just 4 information, dikampusku wisuda dilaksanakan dua kali dalam setahun, Februari dan Juli.

Realistis ajalah, mau ngejar wisuda Februari 2006 jelas nggak mungkin, aku tahu dan sadar kok siapa aku? Selain termasuk kategori orang moody, aku termasuk kategori MTSM (Manusia Tramat Sangat Males). Well, bisa ditebaklah wisuda Juli 2006 yg jadi pilihanku.

Tapi benar kata pepatah kuno, manusia hanya bisa merencanakan tapi Tuhan jualah yg menentukan. Jadwal yg udah aku susun rapi dan penuh perhitungan akhirnya mentah juga. Bahkan bisa dibilang udah busuk nggak karu-karuan.

Target ngejar wisuda Juli pun terpaksa harus mundur lagi. Pasalnya, sampai bulan kelima sejak September 2005 belum ada kemajuan apa-apa. Hanya judul yg berhasil aku ajukan…

Sial-sial! Merana banget jadi orang pemalas.

Selasa, 110406, 10.00 WIB

Aku sempetin telpon Angie a.k.a Novita (teman KKN) buat sekedar Say Hello. Kangen banget euy hampir dua bulan nggak pernah contact. Setelah ngobrol ngalor-ngidul, tiba-tiba makhluk berjenis kelamin wanita itu nanyak tentang skripsiku.

“Eh mik, skripsimu gimana? Dah kelar? Kapan dong kelarnya?Cepetan diselesain, teman-teman udah banyak yg lulus lho”. Pikirku, kampret nih anak pertanyaan satu belom kejawab udah disusul dg pertanyaan dua dan ketiga yg kayaknya udah nggak membutuhkan jawaban, cuman kepastian doang…

Dengan suara pelan, berat, dan agak lesu, akupun menjawab “Ehm… belom gie, aku lagi males!”.

Rabu, 120406, 08.00 WIB

Telpon rumah bunyi. Ternyata interlokal dari mama di Madura. Kebetulan aku lagi tidur. Setelah dibangunin…

Mama : “Mik, udah jam delapan kok masih tidur. Nggak sholat subuh ya?”
Miki : ( tau sendiri kan kondisi bangun tidur, raga dan ruh masih sedikit terpisah ) “Ehm…sapa ini, mama? Waduh, iya….nggak sholat subuh, kesiangan. Tadi tidur agak pagian. Jadinya mata agak nge-riben. Eh, ada apa ma kok tumben telpon jam 8? awas abis banyak lho ya”
Mama : “Nggak ada apa-apa. Cuman ngasih tau aja, minggu ini mama belom bisa ke sby. Kalo kamu butuh duit bulanan, teman mama ada yg ke sby. Ntar mama titipin ke dia yach”, (sambil ngasih alamat temannya yg di sby)
Miki : “Nggak ma, nggak usah. Ntar aja uang bulanannya kalo mama ke sby, lagian masih ada duit kok ma,” (padahal udah nggak ada duit sama sekali, cuman lagi-lagi penyebabnya males ngambil duit di daerah sda. Makanya berlagak “sok berada”)
Mama : “Benar masih ada? Ya udah. Eh, skripsinya gimana kapan selesainya?tahun ini harus selesai lho, teman-temanmu udah banyak yg lulus”.
Miki : (agak males ngejawab) “Iya, aku usahin tahun ini kelar”.

Rabu, 120406, 08.15 WIB

Sembari duduk di ruang tengah dengan gelas berisi air putih ditangan, aku sempet mikirin kata-kata Mama & Angie. “Bener juga ya. Udah lima bulan lebih maju skripsi tapi belom ada perkembangan berarti. Pokoknya tahun ini harus selesai! Nggak peduli walau harus wisuda Februri 2007. Yang penting lulus dulu,”.

Tanpa pikir panjang, aku pun berangkat ke kampus nyerahin skripsi BAB I,II,III. Sampai dikampus, ternyata ada pengumuman ujian seminar dan lesan yg akan diadain senin besok. Iseng-iseng aku lihat siapa saja peserta sidang.

Duengggggg………Kamprettt!!! Ternyata hampir semua temen-temenku pada maju ujian. Bahkan adik tingkat yg dulu pernah aku “ospek” dimasa orientasi juga udah banyak yg maju.

Moga aja skripsiku bisa kelar tahun ini. Biar nggak ditanyain terus sama Mama. Biar nggak disindir terus sama Angie. Aku mau buktiin kalo aku mampu dan nggak semalas yg orang kira. Insyaallah…. Amien…..

0 komentar: